Kamis, 30 Juni 2016

Gejala Diare

Gejala diare tergantung kepada penyebab dan siapa yang mengalaminya. Ada yang hanya mengalami sakit perut singkat dengan tinja yang sedikit encer atau ada juga yang mengalami kram perut dengan tinja yang sangat encer. Biasanya diare jangka panjang membuat si penderita kerap merasa ingin buang air besar. Beberapa gejala diare lainnya adalah hilang nafsu makan, sakit kepala, dan mual yang disertai muntah.

Waktu yang tepat untuk berkonsultasi ke dokter
Jika bayi Anda mengalami diare selama enam kali atau lebih dalam satu hari, sebaiknya Anda segera memeriksakannya ke dokter. Anak-anak sebaiknya diperiksakan ke dokter jika diare yang dialami juga disertai muntah, darah pada tinja, menceret-menceret yang parah, buang air besar hingga enam kali atau lebih dalam jangka 24 jam, dan diare berlangsung lebih dari dua minggu. Diare pada anak-anak umumnya pulih dalam 5-7 hari.

Sedangkan untuk orang dewasa, pemeriksaan dokter harus segera dilakukan jika mereka mengalami:
  • Diare disertai muntah-muntah

  • Diare dengan darah pada tinja

  • Pendarahan pada anus

  • Menceret-menceret yang parah sehingga berisiko dehidrasi

  • Diare selama lebih dari satu minggu (pada umumnya diare pulih dalam 2-4 hari)

  • Diare pada malam hari hingga mengganggu tidur

  • Penurunan berat badan secara drastis

  • Baru saja mengkonsumsi antibiotik

  • Diare setelah menjalani perawatan di rumah sakit

  • Dehidrasi sebagai dampak dari diare

Diare yang parah atau yang berkelanjutan dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi tidak boleh dianggap enteng karena dapat berakibat kepada kematian.

Pada anak-anak, gejala dehidrasi bisa meliputi rewel atau cepat mengantuk dan kondisi tubuh yang semakin menurun. Selain itu jarang buang air kecil, kaki dan tangan yang terasa dingin, serta kulit pucat dan berbintik, bisa mengindikasikan dehidrasi juga. Orang tua disarankan untuk mewaspadai gejala-gejala dehidrasi pada anak mereka.

Sedangkan pada orang dewasa, gejala dehidrasi meliputi hilangnya nafsu makan, mual dan pusing, kelelahan atau kurang tenaga, serta pening ketika berdiri. Selain itu jantung berdebar, kram otot, mata cekung, serta lidah kering bisa mengindikasikan terjadinya dehidrasi.

Sumber : www.alodokter.com

thumbnail
Judul: Gejala Diare
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Artikel Penyakit, diare adalah, diare akut, diare berdarah, diare pada anak, diare pada anak pdf, diare pada balita, diare pada bayi, diare pada ibu hamil, diare pada orang dewasa, diare pdf :

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Di Perbaharui Oleh De Nature Indonesia Pusat