Kamis, 23 Juni 2016

Pencegahan Hepatitis A

Pencegahan hepatitis A yang utama adalah dengan menjaga kebersihan. Hal ini dapat dilakukan dengan langkah-langkah mudah seperti:
  • Selalu mencuci tangan dengan sabun dan air bersih, contohnya sebelum makan, sebelum mengolah makanan dan setelah ke toilet.

  • Jangan berbagi barang-barang pribadi seperti sikat gigi atau handuk.

  • Jangan saling meminjamkan peralatan makan.

  • Selalu memasak makanan sampai matang dan merebus air sampai mendidih.

  • Hindari jajan di pedagang kaki lima yang kebersihannya kurang terjaga.

  • Hindari konsumsi makanan mentah yang berasal dari perairan yang terkontaminasi, misalnya tiram.
Pencegahan infeksi hepatitis A juga dapat dicegah melalui vaksinasi yang dilakukan sebanyak dua kali dengan selang waktu 6-12 bulan. Vaksin ini dianjurkan bagi mereka yang berisiko tinggi terkena hepatitis A, misalnya pengidap penyakit hati kronis, pria yang berhubungan seks dengan sesama pria, orang yang sering menggunakan jarum suntik seperti pengguna obat-obatan terlarang dan orang yang bekerja di area yang berhubungan dengan kotoran seperti selokan.

Di negara Indonesia sendiri, vaksin ini tidak termasuk ke dalam imunisasi wajib. Tetapi telah tersedia dan bisa diberikan mulai dari anak yang berusia dua tahun hingga orang dewasa.

Sumber : www.alodokter.com

thumbnail
Judul: Pencegahan Hepatitis A
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Artikel Penyakit, hepatitis a menular, hepatitis a menular lewat apa, hepatitis a pada anak, hepatitis adalah :

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Di Perbaharui Oleh De Nature Indonesia Pusat