Senin, 27 Juni 2016

Pengobatan Flu

Mengatasi flu biasanya tidak membutuhkan penanganan secara khusus. Anda bisa mengobatinya sendiri di rumah. Langkah-langkah pengobatan sederhana yang dapat Anda lakukan, antara lain istirahat yang cukup, menjaga cairan tubuh dengan minum yang teratur, mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran, serta menjaga suhu tubuh tetap normal.

Menambah konsumsi cairan merupakan langkah penting agar terhindar dari salah satu komplikasi flu, yaitu dehidrasi. Ketika Anda flu dan mengalami dehidrasi, tubuh Anda akan kehilangan gula, garam, dan cairan. Anda dapat mencoba meminum cairan yang mengandung gula dan elektrolit/ion untuk mengembalikan keseimbangan cairan di dalam tubuh.

Obat-obatan yang dapat Anda minum jika dibutuhkan adalah parasetamol atau ibuprofen. Keduanya berfungsi menurunkan demam dan mengurangi pegal-pegal. Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi antibiotik karena obat ini hanya berfungsi untuk membunuh bakteri dan bukan virus yang menyebabkan flu.

Ada beberapa kelompok orang yang rentan untuk mengalami komplikasi akibat flu, yaitu ibu hamil, manula, orang dengan sistem kekebalan tubuh yang menurun, serta penderita penyakit serius seperti gagal jantung. Karena itu, dokter biasanya akan memberikan obat antivirus.

Terdapat dua jenis antivirus yang umumnya diberikan oleh dokter, yaitu oseltamivir dan zanamivir. Tujuan pemberian obat-obatan ini adalah untuk mengurangi gejala, menurunkan risiko komplikasi serius, serta mengurangi durasi flu yang diderita pasien.

Sumber : www.alodokter.com

thumbnail
Judul: Pengobatan Flu
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Artikel Penyakit, flu agar cepat sembuh, flu akut, flu alergi, flu amerika, flu apakah tanda hamil, flu arab, flu artinya, flu atau pilek, flu attack :

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Di Perbaharui Oleh De Nature Indonesia Pusat